1. Tepat sekali! Perusahaan cenderung defensive mempertahankan marketshare-nya, market share dalam hal ini erat kaitannya dengan citra atau image perusahaan yang juga merupakan orientasi jangka panjang perusahaan.
Definisi
lain Market share adalah prosentase (share) yang dapat kita capai dari jumlah
keseluruhan konsumen (market) yang bisa memakai/atau membeli produk kita pada
suatu wilayah tertentu.
Sebagai
contoh studi kasusnya, saya jualan kerudung Tsunami di wilayah Jakarta Timur.
Jumlah penduduk di Jakarta Timur misalnya (asumsi) 2 juta orang. Karena produk
yang saya jual adalah kerudung, maka saya memutuskan target pasar saya adalah
orang islam yang perempuan (muslimah) dan berumur 15 tahun sampai dengan 60
tahun. Misalnya setelah dihitung muslimah di Wilayah Condet ada 700 ribu orang.
Jika diasumsikan harga kerudung adalah Rp 50.000. Target bidik hanya 5% dari
total volume penjualan.
Diketahui:
Q = 700.000 orang
P = Rp 50.000
S/volume
penjualan =……….?
S = P
x Q
S =
50.000 x 700.000
S =
35.000.000.000
Target
volume penjualan tidak banyak karena baru membuka bisnis pertama disamping itu
faktor banyaknya kompetitor yakni hanya 5%
Rp
35.000.000 x 5%
=
1.750.000.000 (dalam satu tahun)
=
1.750.000.000 : 12
=
145.000.000 (per bulan)
Dan
sekitar 4,7 juta per hari
Jika dihitung
BEP-nya, sebenarnya tidak mencapai 4,7 juta misalnya saya beromzet Rp. 3 juta saja
pun sudah akan BEP dalam waktu 2 tahun, namun bukan itu targetnya. Targetnya
adalah harus bisa mengambil MARKET SHARE sebanyak 5%. Jika menginginkan hasil
yang lebih, kita tidak usah terlalu fokus untuk menaikkan target volume
penjualan kita misalnya yang tadinya 5% menjadi 10%. Karena ada yang lebih
penting dari itu yakni dengan perluasan pangsa pasar atau yang dikenal dengan
istilah Market Share kita harus berusaha untuk memperbesar Potensi Market Share
kita. Yaitu dengan cara menaikkan jumlah muslimah yang berkerudung yang tadinya
700 ribu orang menjadi 1 juta orang. Bagaimana caranya?
Seorang
bisnisman tidak akan pernah kehabisan ide, begitu juga dengan saya mungkin Salah satu langkah yang akan saya ambil adalah
dengan berdakwah, mengajarkan agar muslimah HARUS pakai kerudung, dsb. Apakah
ini mudah? Tentu tidak.
Ini
dianggap lebih sulit dibandingkan hanya menaikkan volume penjualan saja karena
ini menyakngkut prinsip serta inisiatif pribadi konsumen masing-masing.
Kesimpulan
daripada uraian diatas sudah jelas ‘mempertahankan market share jauh lebih
sulit dibanding meningkatkan volume penjualan’ itu BENAR.
2. Kegiatan suatu manajemen perusahaan adalah
mempertahankan keberlangsungan jangka panjang (market share) dan jangka pendek
(volume penjualan) daripada perusahaan itu. Untuk itu pemasar harus mampu
menerjemahkan target penjualan menjadi pangsa pasar karena ini akan menunjukkan
apakah target harus dicapai seiring tumbuhnya pasar. Yang dimaksud dengan pangsa
pasar atau Market Share adalah (Persentase pasar) penjualan perusahaan
dibandingkan pasar keseluruhan. Sedangkan volume penjualan memunyai pengertian
keseluruhan penghasilan (total revenue) tergantung pada jumlah (quantity) yang
terjual dan harga per unit (price). Formula daripada definisi tersebut diatas
adalah sebagai berikut:
Revenue = Q X P
Pendapatan market share = revenue :
total pasar
Contoh kasus:
Perusahaan air mineral memproduksi air minum kemasan dengan
mematok harga per botol (1 liter) adalah Rp 1000,- dengan kapasitas produksi
100. Target market share adalah ¼ (seperempat) dari total pasar = 5000.
Untuk dapat menghitung indeks market share terlebih dahulu
kita menghitung total revenue atau volume penjualan dari perusahaan air mineral
katakanlah PT. Airinda.
Revenue = Q x P
=
100 x 1.000
=
100.000
Indek Market share =
revenue : total pasar
=
(100.000 : 5.000)
=
20%
Sedangkan target nya ¼ atau 25%-nya.
Disinilah perusahaan tertantang untuk menaikkan market
share nya. Apakah mudah?
Butuh beberapa cara untuk memperluas pangsa pasar suatu
perusahaan, seperti dengan melakukan inovasi dengan menambah air minum kemasan
dengan sensasi rasa buah, atau meningkatkan kualitas dengan meningkatkan
standar teknologi pengolahan air mineral tersebut. Tidak hanya itu hal ini juga
akan memakan materi serta waktu yang tidak instan. Untuk itu tidak heran jika
banyak perusahaan tumbang dikarenakan kurangnya aksi perluasan terhadap market
share yang justru merupakan indikasi keberhasilan suatu perusahaan. Ini
dikarenakan memperluas pangsa pasar lebih sulit dibandingkan dengan meningkatkan
volume penjualan.
Keren sob
BalasHapuswww.kiostiket.com
Permisi Numpang Promo
BalasHapusRefiza Souvenir menyediakan berbagai macam souvenir tasbih dan souvenir Buku Yasin cek katalog kita di www.refiza.com