MANAJEMEN PEMASARAN: DASAR-DASAR PEMASARAN

by 02.00 1 komentar

Kelebihan seorang marketing:
1. Pandai bernegosiasi
2. Relasinya pasti banyak
3. Pengetahuan luas
4. Penampilan selalu menarik

Pengertian pemasaran:
Menurut Philip Kotler:
Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk memperoleh kebutuhan dan keinginan.

5 Tingkatan kebutuhan menurut Abraham Maslow:
1.  Fisiologis/fisik (sandang, pangan, papan)
2. Sosial
3. Rasa Aman
4. Penghargaan
5. Aktualisasi diri/jaiti diri

Konsep inti pemasaran:
1. Kebutuhan, Keinginan dan  Permintaan
    - Kebutuhan : perasaan kekurangan
    - Keinginan  : hasrat terhadap sesuatu untuk memenuhi kebutuhan
    - Permintaan : keinginan yang disertai dengan daya beli yang cukup

2. Produk
    - adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kedalam pasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
    - Pasar menurut Philip Kotler:
       hasil akhir yang mengandung elemen-elemen fisik, jasa dan hal-hal simbolis yang dibuat dan dijual oleh
       perusahaan untuk memberikan kepuasan dan keuntungan bagi pembelinya.

3. Nilai dan kepuasan
    - Nilai produk : manfaat total dari suatu produk
    - Kepuasan     : pernyataan perasaan yang telah membandingkan harapan terhadap produk

4. Pertukaran, transaksi dan kemitraan
    - Pertukaran (exchange) : tindakan untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan dengan menawarkan
       sesuatu yang bernilai sebagai imbalannya
    - Transaksi : proses untuk memperoleh produk dengan menawarkan produk dan nilai
    - Kemitraan : dua pihak yang tidak selalu bernegosiasi setiap kali melakukan transaksi
5. Pasar
    - Adalah tempat dimana jual beli dilaksanakan atau Daerah dimana suatu perbekalan/persediaan tertentu
      dijual atau daerah dimana persediaan tertentu berasal.

Pentingnya pemasaran:
1. Bagi Konsumen:
    a. Barang bisa tersedia dipasar
    b. Kualitas produk bisa bersaing
    c. Dapat memberikan kepuasan bagi konsumen
    d. Mendapatkan keuntungan
2. Bagi Produsen:
    a. Barangnya bisa dikenal masyarakat luas
    b. Tujuan jangka panjang produsen bisa tercapai
    c. Mendapatkan keuntungan
    d. Perusahaan  bisa berkembang
3. Bagi Pemerintah:
    a. Menghasilkan pajak
    b. Petumbuhan ekonomi
    c. Membeli saham

Kegiatan Pemasaran:
1. Saluran distribusi: penyampaian barang dari produsen ke konsumen
2.  Kebijakan produksi
3. Promosi produksi
4. Menciptakan kebutuhan dan keinginan konsumen
5. Organisasi penjualan/pemasaran
6. Pasar sasaran yang diinginkan
7. Penyimpanan barang/pergudangan
8. Penetapan harga yang tepat
9. Transportasi

Fungsi-fungsi pemasaran:
1. Pembelian (yang mengetahui masalah dipemasaran) pengawasan dari kebijakan dan prosedur, keinginan
    pembeli, negosiasi harga dan pengiriman barang.
2. Penjualan
    Penciptaan permintaan, negosiasi harga dan syarat serta cara pembayarannya
3. Pengangkutan
4. Pergudangan
    Sebagai tempat penyimpanan barang-barang hasil produksi sebelum dipasarkan
5. Komunikasi
    Penghubung/pembeli infromasi dari produsen kepada konsumen atau sebaliknya sebelum terjadinya
    transaksi jual beli/sebelum negosiasi terjadi.
6. Penanggung Resiko
    Umumnya dibebankan kepada Pihak Ketiga yaitu Asuransi

Lingkungan Pemasaran:
adalah daerah/lingkungan yang mempengaruhi pemasaran.
1. Lingkungan mikro
    a. Lingkungan dalam perusahaan
        - Karyawan
        - Mesin
        - Gedung
        - Fasilitas kerja/ruang kerja
    b. Lingkungan luar perusahaan
        - Pemasok
        - Pelanggan
        - Serikat buruh
        - Lembaga keuangan
        - Pemegang saham/pemilik
        - Pesaing
        - Pemerintah
        - Masyarakat global
2. Lingkungan makro
    a. Kependudukan
    b. Lingkungan ekonomi
    c. Lingkungan alam
    d. Lingkungan teknologi
    e. Lingkunga  politik
    f.  Budaya

Falsafah pemasaran:
        Mengatakan bahwa konsumen adalah raja yang harus diprioritaskan dalam konsep pemasaran. Dimana konsep pemasaran yang berorientasi kepada pasar (Market Orienting) dengan kegiatan manajemen pemasaran terpadu.
Tujuannya yakni untuk mendapatkan laba dengan memperhatikan kepuasan konsumen.
Sasarannya adalah pencapaian tujuan perusahaan jangka panjang.
***Manajemen pemasaran terpadu:
Suatu kegiatan pemasaran dalam bentuk kebijakan yang disebut dengan Marketing Mix.
***Marketing Mix: Campuran kebijakan pemasaran yang disebut dengan 4P:
- Product
- Price
- Place
- Promotion





retna rindayani

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

1 komentar:

  1. mbak tau tentang market places fundamental gak??
    krn sya punya tugas tentang itu.

    BalasHapus